Cara Mengetahui Nomer Scopus ID

Januari 14, 2019 oleh : Admin

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengetahui Scopus ID. Banyak kasus adalah dosen telah memiliki artikel yang terindeks di Scopus namun mereka tidak mengetahui ID Scopus miliknya.

Sebenarnya untuk mengetahui Scopus ID sangatlah mudah, berawal dari kejadian hari ini yaitu ada 2 dosen yang meminta bantuan kami untuk mengetahui nomer Scopus ID yaitu Ibu Nurvita Risdiana dan Bapak Mukti Fajar.

Mereka telah memiliki satu artikel yang masuk di Scopus tetapi mereka kesulitan untuk mengetahui berapa ID Scopus mereka.

Sebenarnya kami (bsi) sendiri kurang begitu paham tentang bagaimana proses cara mendapatkan Scopus ID karena memang terkait scopus ini adalah domain nya dosen. Tetapi kami tetap berusaha maksimal untuk membantu.

Berdasarkan pengalaman kami sebelum ini cara paling mudah untuk mengetahui Scopus ID adalah dengan menggunakan fasilitas “Author Search” pada website Scopus (https://www.scopus.com/)

Lalu kemudian kita tinggal memasukkan “Author last name” “Autor first name” dan “Affiliation”. Pada gambar contoh dibawah ini saya ingin mencari Scopus ID punya Pak Rizal Yaya

Hasil dari pencarian pada gambar diatas adalah seperti yang terlihat di bawah ini.

Dan jika kita klik pada nama “Yaya,Rizal” maka akan tampil profile lengkap scopus dan disitu kita bisa mengetahu berapa Scopus ID atau Author ID Scopus.

Tetapi perlu diperhatikan cara ini tidak berlaku untuk semua orang. Contohnya pada Pak Mukti Fajar dan Ibu Nurvita Risdiana. Pada hasil search dan jika kita klik namanya maka tidak bisa

Lalu bagaimana cara kita mengetahui Scopus ID padahal kita sudah memiliki artikel yang masuk di Scopus ? Berikut ini adalah caranya, silahkan Bapak / Ibu Dosen UMY bisa mencoba sendiri.

  1. Register terlebih dahulu pada website Scopus (registrasi scopus). Saran kami gunakan Email UMY untuk melakukan registrasi sebab jika di kemudian hari Bapak / Ibu lupa dengan password email yang digunakan kami bisa bantu me-reset password tersebut sebab jika menggunakan email lain kami tidak bisa membantu jika lupa password.
  2. Setelah sukses melakukan registrasi maka langkah selanjutnya adalah login ke website Scopus.
  3. Setelah login kemudian kita gunakan fasilitas “Contact Us” pada website scopus dan pilih fasilitas “Chat” ( klik link ini untuk langsung chat : Chat with Scopus Costumer Service)
  4. Kemudian isikan form yang diminta, cantumkan nama lengkap dan tuliskan email yang digunakan untuk login ke scopus tadi jangan lupa juga masukkan “contact reason” dan “subject”
  5. Jika sudah lengkap semua kemudian klik “Submit Request”
  6. Setelah kita klik “Submit Request” maka secara otomatis akan membuka sebuah tab baru aplikasi chat dengan costumer service scopus.
  7. Bicaralah dengan Costumer Service dan tanyakan berapa Scopus ID pada mereka dan jangan lupa sebutkan nama lengkap agar mereka mudah untuk melakukan pengecekan.

Berikut ini adalah potongan chat kami dengan Scopus Costumer Service untuk menanyakan Scopus ID Bu Nurvita Risdiana

Hasilnya adalah mereka memberi tahu Scopus ID Nurvita Rusdiana : 57193625256 dan berikut ini adalah link profile nya di Scopus https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57193625256&eid=2-s2.0-85015272426

Dari percakapan kami mereka juga memberi tahu bahwa kita memang tidak bisa mengecek sendiri berapa Scopus ID jika kita hanya memiliki 1 artikel yang terindeks di scopus, tetapi jika kita memiliki minimal 2 artikel maka pada hasil “Author Search” maka kita bisa mengklik “nama” untuk masuk ke halaman profile scopus.

Sampai disini saja, semoga artikel ini bermanfaat atau jika ada cara lain bisa di share ke kami agar bisa kami infokan ke dosen lainnya yang mengalami kesulitan.