Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada artikel kali ini kami akan membuat panduan tentang bagaimana cara mengupload / memasukkan Buku dan IPR pada profile SINTA Dosen.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa ada 3 menu yang ditampilkan pada profile SINTA setiap dosen yaitu:

  1. Publication
    • Scopus
    • Google Scholar
  2. Books
  3. IPR / Intelectual Property Rights

Untuk poin 1 otomatis akan muncul pada profile sinta jika telah memasukkan ID Google Scholar dan ID Scopus pada profile sinta masing-masing dosen. Pada poin ini juga dibutuhkan peran admin Sinta Universitas untuk melakukan update secara rutin agar data google scholar dan scopus pada profile sinta selalu singkron dengan aslinya.

Sedangkan untuk Poin 2 dan 3 bisa di upload / input langsung oleh dosen masing-masing dan akan otomatis muncul pada profile sinta nya.

Disini kami mengambil contoh Profile Pak Dwijoko Purbohadi yang telah menginput buku pada profile Sinta nya.

Bagaimana cara memasukkan Buku dan IPR pada profile Sinta ? Silahkan ikuti panduannya berikut ini:

    1. Silahkan login terlebih dahulu pada profile Sinta masing-masing, untuk halaman login bisa langsung klik link berikut ini >>> Sinta Login  ( jika lupa username dan password silahkan hubungi BSI di Ext 164 )
    2. Setelah login kemudian klik menu “Books” kemudian “Add Book”

3. Kemudian akan muncul box untuk menuliskan “ISBN” dari buku yang akan kita tambahkan, setelah memasukkan “ISBN” klik tombol “Search”

4. Jika nomer ISBN yang kita masukkan terdaftar pada database SINTA maka secara otomatis akan muncul tentang detail bukunya. Ada 2 hal lagi yang harus kita isi yaitu : jumlah halaman dan foto cover bukunya, setelah benar semua maka langkah terakhir adalah klik “Claim Book”

Setelah klik “Claim Book” maka secara otomatis buku tersebut akan tampil pada profile Sinta dan dapat dilihat oleh Publik.

Lalu bagaimana jika ISBN yang kita masukkan tidak terdaftar pada database SINTA ? Tidak masalah karena nanti akan muncul form isian yang harus kita isi secara manual tentang detail buku yang akan kita masukkan, contohnya seperti gambar dibawah ini

Oke bagaimana ? mudah sekali bukan menambahkan Buku pada profile Sinta, lalu bagaimana caranya menambahkan IPR (Intelectual Property Rights) ?

Cara menambahkan IPR sama dengan cara menambahkan Books hanya perbedaannya yang dimasukkan adalah “Nomor Permohonan”

Silahkan Bapak / Ibu Dosen UMY mengupdate profile Sinta nya masing-masing jika ada kesulitan bisa hubungi admin Sinta UMY di Ext 164 atau bisa datang langsung ke Biro Sistem Informasi Gedung AR Fachruddin B Lantai 1