Registrasi Google Scholar dan SINTA

Mei 7, 2018 oleh : Admin

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat Datang di Website Biro Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pada artikel ini kita akan kembali membahas tentang bagaimana cara Registrasi Google Scholar. Sebenarnya tutorial ini dulu pernah kami buat juga artikelnya (registrasi google scholar menggunakan email umy) tetapi pada artikel ini kami perbaharui.

Ada baiknya Bapak dan Ibu membaca artikel ini di waktu senggang jangan di sela-sela jam mengajar karena artikel ini nantinya sangat panjang serta jangan lupa pastikan koneksi internet yang digunakan lancar dan siapkan pula cemilan dan minuman agar tidak bosan pada saat membaca artikel ini.

Oh iya jika bapak ibu setelah membaca artikel ini masih gagal dalam registrasi google scholar dan sinta atau ada kesulitan maka bapak – ibu bisa datang langsung ke BSI. Datang langsung ya jangan by phone karena dijamin jika by phone apalagi whatsapp pasti ada kesalahan pahaman pengertian. Satu hal lagi jangan jengkel ya bapak dan ibu dosen karena harus registrasi google scholar dan sinta yang sepertinya hal sepele dan menjengkelkan ini, karena sebenarnya semua ini untuk kepentingan bapak dan ibu dosen sendiri bukan BSI apalagi saya hehehe.

Bismillahirohmanirohim

Sebelum lanjut ke step by step tutorial ada beberapa hal terkait google scholar dan sinta yang harus bapak dan ibu ketahui yaitu:

  1. Untuk dapat membuat akun di Google Scholar kita harus mempunyai “Akun Email Google”. Jadi pastikan bapak dan ibu telah mempunyai akun email gmail dan bisa login ke akun email tersebut.
  2. Penulisan nama di Google Scholar untuk seluruh civitas akademika umy adalah “tanpa menggunakan gelar” dan Huruf awal harus kapital.
  3. Pada bagian “Affiliasi” pada profil di akun google scholar WAJIB menuliskan >> Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Email yang di verifikasi pada akun google scholar harus menggunakan email institusi berarti disini kita Wajib menggunakan email umy.
  5. Pastikan artikel / jurnal yang ditambahkan ke profil google scholar adalah benar-benar milik kita (tercantum nama).
  6. Profil Google Scholar wajib di setting ke “Publik”
  7. Registrasi SINTA Ristek Dikti wajib menggunakan email institusi (email umy)
  8. Registrasi SINTA wajib mencantumkan akun Google Scholar. Akun Sinta tidak akan di verifikasi jika masih terdapat kesalahan pada akun Google Scholar.

FAQ

Ask : Saya sudah punya pernah buat akun di Google Scholar tetapi saya lupa alamat emailnya dan password untuk loginnya.

Answer : Tidak ada cara lain untuk hal ini, kita harus mengetahui alamat email dan password email yang kita gunakan untuk registrasi google scholar. Jika ternyata memang benar-benar lupa opsi terakhir adalah membuat akun google scholar baru dengan alamat email gmail yang baru.

Ask : Saya sudah punya akun Google Scholar kenapa saya mendapat pemberitahuan untuk memperbaiki ?

Answer : Perlu bapak ibu ketahui bahwa UMY memiliki akun Google Scholar juga lho, ini link nya: https://goo.gl/bczjLB

Akun UMY tersebut bukan pihak universitas yang membuat, bukan bsi juga tetapi itu secara otomatis muncul di Google Scholar dan setiap universitas dimanapun pasti memiliki akun google scholar institusi seperti itu.

Silahkan bapak – ibu cek pada profile google scholar umy tersebut apakah nama bapak ibu ada didalam daftar tersebut ? Jika tidak ada maka harus ada yang bapak – ibu perbaiki pada halaman profil akun google scholar masing-masing.

Caranya ? Cukup mudah, bapak ibu tinggal mengisi “Universitas Muhammadiyah Yogyakarta” pada bagian “Affiliasi” di akun google scholar milik bapak – ibu dosen serta pastikan email yang diverifikasi adalah alamat email umy.

Ask : Saya sudah punya akun google scholar dan sudah registrasi online untuk akun Sinta tetapi kenapa ketika saya mencari nama saya di Sinta Ristek Dikti tidak muncul ?

Answer : Untuk registrasi akun Sinta memang harus kita lakukan verifikasi terlebih dahulu. Verifikasi seperti apa yang kami lakukan ? Hal yang kami lakukan dalam verifikasi akun Sinta beberapa diantaranya adalah:

  • Mengecek penulisan nama di akun sinta dengan di google scholar apakah sama atau berbeda. Hal ini biasanya untuk nama-nama yang lumayan panjang contohnya: pada akun google scholar menuliskan nama Roro Sri Mulyani Indrawati tetapi pada registrasi Sinta menuliskan namannya menjadi Rr. Sri Mulyani Indrawati
  • Mengecek apakah profile Google Scholar dan Scopus (jika ada) sudah benar.
  • Mengecek apakah jurnal yang tercantum di Google Scholar benar atau tidak.

Jika ada kesalahan kecil seperti typo penulisan gelar yang dimana kesalahan kecil tersebut bisa kami perbaiki maka kami sebagai verifikator tentu akan membantu memperbaikinya namun jika kesalahan hanya bisa diperbaiki olah “pendaftar” maka dengan sangat terpaksa verifikasinya kami tunda hingga kesalahan tersebut diperbaiki.

Ask : Saya sudah daftar di Sinta tetapi saya lupa password untuk loginnya, bagaimana ?

Answer : Untuk lupa password login ke akun Sinta bisa kami bantu. Silahkan hubungi BSI detailnya. Tetapi jika yang lupa adalah password email gmail untuk login ke scholar kami tidak bisa bantu.

Bagaimana bapak – ibu sampai disini apakah ada kendala ? Jika tidak ada maka kita akan mulai masuk ke inti dari artikel ini.

Registrasi Google Scholar

  1. Bukalah browser favorit bapak dan ibu. Silahkan menggunakan browser apa saja (chrome, mozilla, safari, internet explorer,dll). Pada gambar-gambar di tutorial ini saya menggunakan Browser Google Chrome versi mode penyamaran / incognito windows.
  2. Buka halaman web Google Scholar pada browser yang digunakan atau bisa langsung klik link berikut ini https://scholar.google.co.id/
  3. Jika benar maka akan terbuka halaman seperti dibawah ini: (klik gambar untuk memperbesar)
  4. Kemudian klik Masuk / Sign In yang terletak di pojok kanan atas
  5. Kemudian tuliskan alamat email google seperti gambar dibawah ini, setelah itu klik Next / Berikutnya 
  6.  Langkah selanjutnya adalah masukkan sandi/password 
  7. Jika alamat email dan password yang dimasukkan benar maka secara otomatis kita akan dibawah ke halaman Google Scholar yang telah login menggunakan akun email kita. Perhatikan gambar dibawah ini, jika muncul menu serta foto seperti gambar dibawah berarti kita telah login.
  8. Kemudian klik menu “Profile Saya”. Disini kita akan mulai melakukan pengisian data untuk profile google scholar. Ada 5 kolom yang harus diisi yaitu:
    • Nama : Ditulis nama lengkap tanpa gelar dan singkatan
    • Affiliasi : Tuliskan “Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
    • Email untuk verifikasi : Masukkan alamat email umy
    • Bidang Minat : Bidang Ilmu yang dikuasai
    • Halaman Beranda : Masukkan halaman website Blog Dosen UMY 
  9. Jika sudah diisi langsung saja klik Next / Berikutnya.
  10. Setelah klik berikutnya kita akan memilih artikel / jurnal milik kita untuk dimasukkan ke dalam profil google scholar. 
  11. Jika sudah selesai maka untuk melanjutkan ke tahap berikutnya adalah mengklik tanda panah kanan seperti pada gambar berikut ini. 
  12. Langkah berikutnya adalah setting “setelan”. Silahkan pilih opsi “Terapkan update secara otomatis” dan setting visibilitas profil untuk umum. Perhatikan gambar berikut ini. Jika sudah klik “Selesai”

Verifikasi Email UMY Untuk Google Scholar

Jika telah mengikuti step-step diatas berarti tinggal satu tahapan lagi yang harus kita lewati yaitu tahapan “verifikasi email umy yang kita daftarkan pada google scholar”

Langkahnya adalah:

  1. Login ke Akun Email UMY yang didaftarkan pada Google Scholar diatas.
  2. Login ke email umy bisa melalui website kepegawaian umy atau bisa langsung mengklik link berikut ini http://webmail.umy.ac.id/
  3. Setelah login carilah email masuk pada Kotak Masuk baik “prioritas” maupun “lainnya” dari Google Scholar.
  4. Jika sudah ketemu maka klik “Verifikasi Alamat Email” seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
  5. Setelah mengklik link tersebut artinya Registrasi Google Scholar anda telah selesai.

Setelah Registrasi Google Scholar selesai sekarang saatnya kita melakukan pengecekan pada akun Google Scholar.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu:

  1. Pastikan tulisan “Universitas Muhammadiyah Yogyakarta” jika di klik akan masuk ke Profil Google Scholar UMY.
  2. Pastikan ada kalimat “Email yang diverifikasi di umy.ac.id”
  3. Perhatikan gambar dibawah ini, jika sudah sesuai dengan gambar dibawah berarti Registrasi Google Scholar sudah benar. 

Registrasi Akun SINTA

Tahapan Registrasi Akun Sinta lebih sedikit jika dibandingkan Google Scholar, berikut ini adalah tahapannya:

  1. Buka Website Sinta Ristek Dikti kemudian pilih menu “Registration” atau bisa langsung mengklik link berikut ini http://sinta2.ristekdikti.go.id/author/
  2. Kemudian Isikan data-data yang ditanyakan pada halaman registrasi tersebut. Perlu dicatat registrasi sinta tersebut pada beberapa kolom menggunakan format autocomplete. Jadi harus teliti dan hati-hati.
  3. Setelah yakin semua terisi kemudian klik Button Link “Register”
  4. Langkah selanjutnya adalah memverifikasi email.
  5. Login ke Email UMY kemudian cek email masuk dari Sinta yang berisi link untuk verifikasi akun Sinta
  6. Klik link verifikasi tersebut atau jika tidak bisa di klik coba copy link tersebut dan buka di browser anda.
  7. Selamat akun Sinta anda telah diverifikasi.

Bagi Bapak – Ibu yang masih mengalami kesulitan dalam registrasi google scholar dan sinta bisa datang langsung ke BSI UMY. Nanti akan kami pandu untuk registrasi dan verifikasinya.

Sharing is caring!