Sejarah BSI UMY

SEJARAH

Biro Sistem Informasi Yogyakarta tidaklah muncul begitu saja. Biro Sistem Informasi ini memiliki sejarah yang sangat panjang dalam pembentukannya.

Ditarik jauh ke belakang, Biro Sistem Informasi UMY yang pada awalnya bernama BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) kemudian berubah lagi menjadi BPSI (Biro Perencanaan Sistem Informasi) telah memiliki banyak peranan sentral dalam perkembangan UMY khususnya dalam bidang teknologi informasi.

Biro Sistem Informasi yang kita kenal saat ini merupakan penggabungan antara BPSI (Biro Perencanaan Sistem Informasi) dan PUSKOM (Pusat Komputer). Penggabungan ini terjadi pada tahun 2004 yang dimana pada saat itu pimpinan pertamanya adalah Bapak Ir. Nafi Ananda Utama, M.S.

Sebelum bergabung menjadi satu Biro baik BPSI maupun PUSKOM memang telah memiliki tugas serta peran serta masing-masing dalam menunjang kegiatan di lingkungan civitas akademika UMY. Namun karena tugas serta peran serta dari BPSI dan PUSKOM ini saling terkait maka dari situlah kemudian digabung menjadi satu Biro yang kemudian diberi nama menjadi “Biro Sistem Informasi”

PERKEMBANGAN

PUSKOM UMY mulai ada sejak tahun 1987, saat itu UMY masih menempati kampus lama yaitu di Jalan HOS Cokroaminoto, Wirobrajan Yogyakarta. PUSKOM dipimpin pertama kali oleh Dr.Ir Gunawan Budiyanto, M.P mulai dari tahun 1987 s.d 1990.

Tugas utama PUSKOM UMY adalah memberikan pelayanan pratikum komputer bagi seluruh fakultas dan program studi yang ad di UMY.

Sedangkan BPSI pada saat itu mempunyai tugas dalam menyediakan fasilitas internet, aplikasi penmaru, olah data, dsb.

PIMPINAN

Berikut ini adalah beberapa nama yang pernah memimpin baik itu PUSKOM, BAPSI, BPSI hingga saat ini menjadi BSI.

  1. Dr.Ir Gunawan Budiyanto, M.P (1987-1990)
  2. Ir Suharno M.Sc (1990 – 1993)
  3. Ir Hilman Muhammad (1993 – 1994)
  4. Ir. Nafi Ananda Utama, M.S (Kepala Puskom 1994 – 1996) (Kepala BSI 2004 – 2007)
  5. Dwijoko Purbohadi, ST., MT., Dr. (Kepala BPSI 1997 – 2004)
  6. Wahyudi, ST., M.T. (2007 – 2014)
  7. Ir. Eko Prasetyo, M.Eng (2014 – sekarang)