Website yang ada di Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta berfungsi untuk menunjukkan apa saja kegiatan yang diselenggarakan universitas tersebut. Baik kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa maupun universitas itu sendiri. Semakin banyak yang mengakses website tersebut menunjukkan adanya kepercayaan dari masyarakat. Website dinilai merupakan salah satu indikator kepercayaan publik terhadap Perguruan Tinggi.

Demikian disampaikan Staf Ahli Rektor bidang Hibah, Penelitian dan Pengembangan Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Ir. Nafi Ananda, MS dalam diskusi terbatas ‘Pentingnya Pengoptimalan Website Perguruan Tinggi’ di Kampus Terpadu UMY Sabtu (30/7) siang.

Lebih lanjut Nafi menuturkan bahwa website dapat menunjukkan apa yang terjadi di universitas. Mulai dari berbagai kegiatan yang dilakukan, hasil karya ilmiah yang dipublikasikan, hasil penelitian dan lainnya. “Sehingga website yang baik tidak semata-mata tampilannya yang menarik tetapi bagaimana isi website tersebut.”urainya.

UMY tempati peringkat 51 se-Asia Tenggara versi Webometrics

Di tempat terpisah Kepala Biro Humas dan Protokol UMY (BHP UMY) Ahmad Ma’ruf M.Si menjelaskan bahwa UMY mengalami peningkatan peringkat dalam versi webometrics. “Jika sebelumnya peringkat UMYadalah 2587 se-dunia maka pada edisi Juli 2011 ini UMY meraih 1540 se-dunia. Hal ini berdasarkan situs elektronik versi Webometrics edisi Juli 2011. Selain itu juga menunjukkan naiknya peringkat UMY menjadi ke 51 se-Asia Tenggara dan peringkat 16 diantara PTN dan PTS se-Indonesia.”paparnya.

Ma’ruf juga menjelaskan UMY saat ini juga menjadi peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Yogyakarta berdasarkan penilaian 4 International Colleges and Universities (4icu).

Terkait kedua prestasi UMY tersebut Dosen Ilmu Ekonomi UMY ini mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap universitas. “Banyak yang mengakses website UMY. Hal tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat kepada kami,”jelasnya.

Ma’ruf menambahkan penilaian webometrics ini berdasarkan jumlah halaman dan jumlah file yang ada di website. “Selain itu juga termasuk karya ilmiah yang dipublikasikan serta jumlah link yang dipasang di web pengakses dan jumlah pengunjung website,”ujarnya.

Peningkatan peringkat tersebut merupakan salah satu bentuk kepercayaan masyarakat terhadap UMY. “Sehingga akan mendorong kampus untuk semakin sering melakukan publikasi terkait aktivitas atau kegiatan kampus. Serta publikasi penelitian maupun karya ilmiah juga akan semakin sering ditingkatkan publikasinya melalui website. Sehingga masyarakat semakin mudah mengetahui apa saja aktivitas Perguruan Tinggi yang bersangkutan,”tuturnya.

Sharing is caring!